Rekomendasi Anime yang Berlatar Belakang Pedesaan, yang Bikin Kangen Kampung Halaman




Assalamualaikum WR.WB

Altenso datang lagi dengan membawa rekomendasi anime(again).
Kali ini saya akan merekomendasikan anime yang bikin kita semua pengen balik ke rumah, khususnya anak rantau. (kebetulan ane juga anak rantau). yak, nggak usah lama-lama, langsung aja simak nih rekomendasi...


1. Non Non Biyori

Judul : Non non biyori (のんのんびより)
Tanggal tayang : 8 oktober 2013
Episode : 12 episode
Genre : Comedy, school, slice of life
Rating : PG-13  (Teens 13 or older)
Nilai : 8.5/10

Sinopsis :
Ichijou Hotaru, seorang siswa SD yang telah pindah bersama orang tuanya dari Tokyo ke pedesaan. Sekarang ia harus beradaptasi dengan sekolah barunya, di mana ada 5 siswa di kelas yang sama, usia sekolah dasar dan menengah. Bergabunglah petualangan sehari-hari mereka di pedesaan.
Di anime ini penonton diajak melihat sisi pedesaan yang natural dan belum tersentuh kehidupan kota yang “wah” dari sudut pandang Ichijou Hotaru. Kalian bisa melihat bagaimana anak-anak desa di anime ini masih bermain dengan alam sepulang sekolah. Berbagai reaksi lucu pun banyak ditemui di anime ini ketika Ichijou Hotaru menceritakan bagaimana kehidupan anak kota yang berbeda jauh atupun sebaliknya, ketika Hotaru melihat kegiatan yang baru pertama kali ditemuinya sebut saja ketika cuma ada 1 toko permen di desa itu, cara membeli sayuran tanpa ada penjaga, memetik tanaman yang bisa dimakan sendiri, dan kegiatan lucu lainnya. Ceritanya menarik banget dan juga Charanya yang loli-loli aduhay bikin tambah asyik ditonton (apalagi para pecinta loli :v :v).

2. Dagashi Kashi


Judul : Dagashi Kashi

Tanggal tayang : 8 Jan 2016

Episode : 12 episode

Genre : Comedy, Shounen

Rating : PG-13  (Teens 13 or older)

Nilai : 8.1/10

Sinopsis:
Ayah Shikada Kokonotsu memiliki sebuah toko manisan di pedesaan, dan rencananya adalah agar Kokonotsu bisa mengambil alih bisnis keluarga.
Tetapi sebaliknya, Kokonotsu ingin menjadi seorang mangaka. Suatu hari di musim panas, datanglah seorang gadis manis namun aneh bernama Shidare Hotaru, anak dari perusahaan pembuat manisan terkenal, datang berkunjung.
Ternyata, ayah Kokonotsu adalah orang terkenal dan Hotaru ingin ayah Kokonotsu untuk bergabung dengan perusahaan keluarganya. Namun, ia hanya akan setuju jika dia bisa meyakinkan Kokonotsu untuk mengambil alih bisnis keluarga.

Cerita tentang jajanan segala cerita yang ada di jajanan tersebut membuat yang menonton akan terkenang masa kecilnya karena beberapa jajanan yang diperlihatkan di anime ini ada juga yang dijual di indonesia yah meskipun dengan nama berbeda. selalin membuat nostalgia jajanan disini juga bisa membuat yang menonton menjadi lapar juga. cerita tentang sejarah atau cerita yang berkembang tentang suatu jajanan pun dibuat sangat menarik juga.

Dengan cerita dengan latar pedesaan membuat anime ini tambah menarik meskipun kehadiran karakternya yang itu – itu saja agak sedikit membosankan tetapi dengan jalan cerita yang santai dan setiap episode memunculkan 1 jajanan cocok bagi yang ingin melepaskan kepenatan tanpa perlu menunggu klimaks cerita yang dinanti nanti membuat anime ini bisa ditonton dengan santai. tujuan anime ini mungkin ingin memperlihatkan kesenangan memakan jajanan saat yang pernah kita makan saat kecil dulu dan mengajak kita bernostalgia.

Disini yang menarik adalah Shidare Hotaru, Chara perempuan utama di anime ini. Pewaris dri perusahaan cemilan ternama ini memiliki wajah yang kawaii dan opp*inya itu lho. Buat para waifuhunter Chara ini sangat cocok dijadikan kandidat waifu favorit kalian. :v :v
ane kasih wujudnya..
Shidare Hotaru

Disini kalian juga bisa menikmati kisah romance segitiga antar tokohnya. walaupun bukan genrenya tetapi bumbunya lumayan meresap dan asyik untuk diniknati.

3. Barakamon

Judul : Barakamon

Tanggal tayang : 6 Juli 2014

Genre : Comedy, Slice of life

Jumlah Episode : 12

Rating : PG-13  (Teens 13 or older)

Nilai: 8.51




Sinopsis:
Handa Seishuu adalah seorang kaligrafer muda yang hebat. Suatu hari di sebuah pameran kaligrafi ada seorang kaligrafer senior yang menkritik karya Handa. Karena tidak dapat menerima kritik tersebut, tiba-tiba Handa memukul kaligrafer senior itu tepat di wajahnya. Karena kejadian itu, ayah Handa mengirim Handa ke sebuah pulau terpencil untuk “berpikir” dan menulis kaligrafinya. Di pulau tersebut Handa bertemu bermacam-macam orang yang unik (Untuk Karakter nanti akan kita bahas di part selanjutnya). Awalnya Handa merasa jengkel dengan kehidupan di pulau tersebut. Tetapi kmudian ia menyadari bahwa saat ini ia hidup ditengah orang-orang “Baik” dalam lingkungan bersahaja yang penuh inspirasi.

Cerita anime ini terbilang cukup sederhana karena hanya menampilkan kehidupan di sebuah desa. Namun karena kesederhanannya inilah cerita anime ini dapat diterima dengan sangat baik oleh para penontonnya, yang juga mungkin pernah merasakannya. Selain kesederhanaan cerita tadi, kita juga dapat melihat kisah dibalik dunia kaligrafi yang dikemas dengan sangat menarik dan fresh yang juga dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia kaligrafi.
Anime ini memiliki komedi ringan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari   Dan yang membuat komedi anime ini terasa sangat lucu adalah karena keunikan tiap karakternya.
Anime ini mengajarkan banyak nilai moral, seperti kepedulian, kerja keras, dan kesederhanaan. Dan Kerennya lagi, nilai moral anime ini disampaikan tanpa kesan menggurui dengan kaku, tetapi disampaikan dengan gaya komedi khas yang akan membuat kita ikut berpikir bersama Handa.

4. Gin no Saji

Judul : Gin no Saji / Silver Spoon

Genre : School life, Slice of life, Cemedy 


Episode : 11 Episode (Season 1) & 11 Episode (Season 2)

Tanggal tayang : 

Rating : PG-13  (Teens 13 or older)



Sinopsis :
Yuugo Hachiken yang merasa leleh, bosan, dan tertekan akan kehidupan SMP nya yang monoton karena hanya diisi dengan belajar, belajar, dan belajar serius setiap harinya, memutuskan untuk masuk Sekolah Pertanian Ezonoo. Hachiken memutuskan untuk masuk sekolah ini karena ingin tinggal di asrama untuk menghindari ayahnya yang menginginkanya untuk menjadi yang terbaik dalam bidang akademis. Namun walaupun selalu menjadi yang terbaik, sebenarnya Hachiken tidak memiliki mimpi serta tujuan hidup dan ia berharap bisa menemukannya disini. Tetapi ternyata pertanian & peternakan tidak semudah yang Hachiken bayangkan. Hachiken yang bisanya hanya sekolah  di sekolah reguler sekarag harus berurusan dengan urusan fisik, berurusan dengan hewan ternak dsb. Disinilah Hachiken banyak bertemu teman-temannya yang unik, menarik, dan Luar biasa. Dan disini pula Hachiken mendapat banyak sekali pelajararan hidup berharga yang tidak ia dapatkan si sekolah biasa.


Cerita anime ini sangat unik, menarik dan bagus banget dengan tema yang juga sangat fresh. Cerita sedrhana yang sanget bagus ini juga dibumbui komedi ringan yang sangat mengocok perut. Dan yang dapat saya simpulkan dari tiap episodenya, cerita anime ini sangat sederhana di tiap episodenya, tetapi memiliki cerita, makna, dan pesan yang sangat dalam. tentang makna kehidupan, Kerja Keras, persahabatan dan tentang lebih  menghargai sesuatu karena ternyata banyak dari apa yang kita nikmati sekarang ini merupaan hasil dari sebuah proses yang luar biasa.  Dan bahkan disini kita juga bisa mendapatkan pelajaran moral dari seekor hewan ternak.


5. Natsume Yuujinchou


Judul : Natsume Yuujinchou [夏目友人帳]

Genre: Drama,Fantasy,Shoujo,Slice of Life, Supernatural

Jumlah season : season 1 - season 5 

Sinopisis : 

Ada 5 season:

Season 1: Natsume Yuujinchou (13 episode)
Season 2: Zoku Natsume Yuujinchou 
(13 episode)
Season 3: Natsume Yuujinchou San 
(13 episode)
Season 4: Natsume Yuujinchou Shi 
(13 episode)
Season 5: Natsume Yuujinchou Go (on-going)

Untuk anime ini sangat direkomendasikan banget. Dilihat dari banyaknya season, anime ini sangat laris. saya nggak bisa jelasin panjang panjang karena anime ini asyiknya kalau ditonton dan dipahami sendiri jalan ceritanya. 




Oke sekian rekomendasi dari saya, mudah-mudahan yang anak rantau bisa sembuh dari homesicknya atau malah nambah kangen rumahnya dan buat yangnggak merantau tetep boleh nonton anime yang saya rekomendasikan. apanila ada hal yang kurang sesuai saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Altenso Khusairiyahya undur diri

Wassalamualaikum WR.WB.

Komentar

Posting Komentar